Advertisement





Iklan

Review : Beginilah tampilan dan fitur terbaru dari Ubuntu 18.0 LTS Bionic Beaver


Kali ini admin mengajak anda untuk melihat pengalaman baru di Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver. Hal ini penting karena Ubuntu merupakan salah satu distro Linux favorit bagi pengguna Windows — dan biasa jadi langganan dual boot untuk disandingkan dengan Windows.

Hal baru pertama, ini merupakan perubahan yang paling besar, yaitu ditinggalkannya Unity dan digantikan dengan Gnome.

Canonical memang masih mempertahankan gaya khas dari Unity, tetapi tetap saja digunakannya Gnome membuat user experience Ubuntu 18.04 LTS ini beda jauh banget dari Ubuntu 16.04 LTS dulu.

Dari sisi tampilan, Ubuntu jadi lebih modern, fluid, dan kekinian, dengan berbagai efek blur, animasi halus, serta transisi yang lembut.

Dock di sebelah kiri tetap bisa kamu pindah-pindah posisinya sesuai keinginan. Dan tombol untuk membuka daftar aplikasi kini ada di ujung bawah dock.


Kini daftar aplikasi langsung muncul dengan animasi yang menarik. Anda bisa cari manual atau cukup ketikkan saja aplikasi apa yang anda cari. anda tidak perlu mengetikkan sesuai dengan nama aplikasi. Misalnya anda bisa cukup mengetikkan word atau document dan aplikasi pengolah dokumen akan muncul. Atau cukup ketikkan graphic, dan berbagai aplikasi olah gambar akan ditampilkan.

Sedangkan di bagian paling kanan top bar, ada panel yang berisi berbagai menu untuk mengatur volume dan brightness, lalu ada menu konektivitas seperti WiFi dan Bluetooth, tak ketinggalan juga ada detail baterai yang berisi power settings, serta detail akun dan menu pengaturannya.

Di bagian bawah panel ada tombol akses cepat ke Settings, ini dulu ada di dock tetapi kini dipisah dan diletakkan disini, lalu ada lock dan shutdown.




Posting Komentar

0 Komentar