Advertisement





Iklan

Menggunakan Aplikasi Pemrograman Visual Scratch


Setelah mengenal halaman kerja Scratch, kamu sudah siap membuat berbagai karya dengan menggunakan aplikasi ini. Seperti yang pernah dijelaskan sebelumnya, bahwa Scratch dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang sangat mudah dipelajari yang mendukung kamu belajar bagaimana membuat sebuah game sederhana, animasi, cerita, musik kartun dan lain sebagainya. Fitur-fitur yang disediakan sudah cukup memfasilitasi ide-ide penggunanya untuk menghasilkan karya-karya yang hebat.

Pada sub bab ini akan dijelaskan bagaimana menggunakan fitur-fitur yang ada, modal awal untuk memulainya, diperlukan pengenalan lebih rinci mengenai fitur apa saja yang dimiliki. Dengan demikian, kamu dapat mencari ide, mewujudkan ide tersebut dan dapat menghasilkan karya animasi, cerita atau mungkin sebuah game yang mungkin saja menjadi salah satu produk hebat dan banyak diminati masyarakat. Namun perlu disadari bahwa membuat sebuah produk yang hebat tidak dapat dilakukan dengan cepat, membutuhkan waktu, komitmen, ketekunan dan kerja keras.

1. Mengenal Berbagai Jenis Blok Kode

Dilingkungan Scratch, pembuatan program dilakukan dengan cara memilih blok kode di blok palet, kemudian men-drag dan drop blok tersebut kedalam area skrip. Sebelum kita mencobanya, mari kita pahami pengelompokan blok kode yang terdiri dari beberapa kelompok yaitu :

a. Motion

Blok Motion digunakan untuk menyimpan blok kode  yang mengatur gerakan sprite. Ketika kamu hendak mengatur pererakan seperti apa pada obyek atau sprite yang aktif, maka pilih lah blok kode pada kelompok Blok Motion

b. Looks

Blok Looks digunakan untuk menyimpan blok kode  yang mengatur tampilan program. Pengaturan tersebut dapat berupa pengaturan backdrop dan sprite dalam hal ukuran, ukuran dan lain sebagainya yang berhubungan dengan peribahan tampilan sebuah obyek.

c. Sound

Blok Sound digunakan untuk menyimpan blok kode  yang mengatur suara yang digunakan. Perintah yang tersedia diantaranya untuk menjalankan dan menghentikan suara, mengatur pitch suara, mengatur volume dan lain sebagainya.

d. Events

Blok Events digunakan untuk menyimpan blok kode  yang merespon kejadian-kejadian yang ada. Contohnya, perintah untuk merepon aksi dari pointer, mouse, atau jika tombol keyboard ditekan maka akan terjadi efek yang diinginkan.

e. Control

Blok Control digunakan untuk menyimpan blok kode yang berupa pengecekan kondisi, perulangan, dan sebagainya. Blok ini biasanya digunakan untuk mendukung pergerakan dari Motion. Contohnya sebuah sprite berjalan sepuluh langkah terus menerus setiap setelah beberapa menit.

f. Sensing

Blok Sensing digunakan untuk menyimpan blok kode  yang digunakan untuk men-trigger dijalankannya blok kode yang lain. Beberapa blok kode yang ada, diantaranya jika sprite menyentuh objek lain, warna lain, atau posisi yang ditentukan, maka akan terjadi sesuatu yang ditentukan.

g. Operators

Blom Operators digunakan untuk menyimpan blok kode  yang menjalankan operasi tertentu atau sebagai operator dalam mengecek kondisi tertentu.

h. Variabeles

Blok Variabeles digunakan untuk menyimpan blok kode  variabel-variabel. Beberap blok kode yang ada, seperti mengatur, mengubah nilai variabel, menampilkan, menyembunyikan nilai variabel dan kamu juga dapat menambahkan variabel sendiri.

2. Membuat Program

Setelah mengetahui semua isi kelompok blok kode yang ada, mari kita berlatih untuk membuat sebuah proyek sederhana misalnya membuat sebuah objek atau aktor yang sedang berjalan santai dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

a. Menyiapkan Backdrop

Pada proyek ini silahkan pilih backdrop yang sesuai dengan tema, karena ini tentang aktor yang sedang berjalan, maka cari gambar yang menunjukkan halaman yang terdapat jalan.

b. Menyiapkan Sprite

Pada proyek ini kita akan menggunakan tiga Sprite yaitu, pria sedang berjalan, seekor kupu-kupu, dan seekor kucing. langkahnya hampir sama seperti memilih backdrops, dengan mengklik ikon sprite, kemudian memilih sprite satu persatu.

aturlah ukuran sprite sehingga tampak proporsional, misalnya sprite kupu-kupu lebih kecil dengan sprite kucing.

c. Menambah Blok Kode

Langkah terakhir adalah menambahkan blok kode program. Dalam hal ini, blok-blok kode ditambahkan untuk mengatur agar semua sprite yang ada diperlakukan sesuai dengan yang diinginkan. Oleh karena itu, kita harus menambahkan blok kode satu persatu ke masing-masing sprite.

1) Sprite Avery (pria berjalan)

  • Aktifkan tab code, kemudian pilihlah Sprite Avery (Pria berjalan) pada sprite pane;
  • Pilih blok Events, pilih blok when [tombol Go clicked dan tarik ke area skrip;
  • Pilih blok Control, pilih blok forever, tarik tempelkan ke bawah when [tombol Go clicked;
  • masih pada blok Control, pilih repeat 10, tarik dan masukkan kedalam forever;
  • Pilih blok Motion, pilih blok move 10 steps, tarik dan masukkan kedalam repeat 10;
  • Pilih blok Looks, pilih blok next costume, tarik dan masukkan di posisi bawah move 10 steps;
  • Pilih blok Control, pilih blok wait 1 seconds, tarik dan masukkan di posisi bawah next costume;
  • Pilih blok Looks, pilih blok switch costume to{...}, tarik dan masukkan dibawah repeat 10;
  • Pilih blok Looks, pilih blok say Helo to 2 seconds, tarik dan masukkan dibawahnya;
  • Kemudian sesuaikan posisi  dan nilai variabel nya dengan gambar dibawah ini.

2) Sprite Butterfly 2
  • Aktifkan tab code, kemudian pilihlah Sprite Butterfly 2 pada sprite pane;
  • Pilih blok Events, pilih blok when [tombol Go clicked dan tarik ke area skrip;
  • Pilih blok Control, pilih blok forever, tarik tempelkan ke bawah when [tombol Go clicked;
  • Pilih blok Looks, pilih blok next costume, tarik dan masukkan kedalam forever;
  • Pilih blok Control, pilih lok wait 1 seconds, tarik dan masukkan di posisi bawah next costume;
  • Kemudian sesuaikan posisi  dan nilai variabel nya dengan gambar dibawah ini.
2) Sprite Cat
  • Aktifkan tab code, kemudian pilihlah Sprite Cat pada sprite pane;
  • Pilih blok Events, pilih blok when [tombol Go clicked dan tarik ke area skrip;
  • Pilih blok Control, pilih blok forever, tarik tempelkan ke bawah when [tombol Go clicked;
  • masih pada blok Control, pilih repeat 10, tarik dan masukkan kedalam forever;
  • Pilih blok Motion, pilih blok move 10 steps, tarik dan masukkan kedalam repeat 10;
  • Pilih blok Looks, pilih blok next costume, tarik dan masukkan di posisi bawah move 10 steps;
  • Pilih blok Control, pilih blok wait 1 seconds, tarik dan masukkan di posisi bawah next costume;
  • Pilih blok Sounds, pilih blok start sound {meow}, tarik dan masukkan dibawah repeat 10;
  • Ulangi mulai dari langkah ke 4 sampai langkah ke 8;
  • Kemudian sesuaikan posisi dan nilai variabel nya dengan gambar dibawah ini.

Setelah menambahkan semua blok kode ke masing-masing sprite, kita dapat menjalankan program yang telah dibuat dengan mengklik tomol Go dan Stop untuk berhenti.

Berlatihlah sesering mungkin untuk mendapatkan pengalaman yang lebih menarik, hingga kamu terbiasa menggunakan aplikasi ini dan dapat menemukan ide-ide yang hebat dengan menjelajah ketersediaan sprite dan backdrops.


Posting Komentar

0 Komentar