Advertisement





Iklan

Apa itu Arduino ?

sumber : https://www.arduino.cc/

Arduino adalah platform pengembangan perangkat keras open-source yang dirancang untuk membuat prototipe dan mengembangkan berbagai proyek elektronik. Arduino terdiri dari papan sirkuit mikrokontroler yang dapat diprogram dan berbagai perangkat lunak pengembangan yang mendukung pemrograman dan pengujian perangkat keras.

Papan Arduino biasanya dilengkapi dengan mikrokontroler ATMega (meskipun ada variasi dengan mikrokontroler yang berbeda) dan sejumlah pin input/output digital dan analog yang memungkinkan Anda untuk terhubung dengan berbagai jenis sensor, aktuator, dan perangkat lainnya. Anda dapat memprogram Arduino menggunakan bahasa pemrograman berbasis bahasa C/C++, dan Anda dapat mengunggah kode yang Anda buat ke papan Arduino melalui kabel USB.

Arduino telah menjadi alat yang sangat populer di kalangan hobiis, mahasiswa, dan pengembang perangkat keras karena kemudahan penggunaannya, sumber daya yang banyak, serta komunitas yang luas dan mendukung. Arduino digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk otomatisasi rumah, robotika, kendaraan otonom, seni interaktif, dan banyak lagi. Arduino tersedia dalam berbagai model dan varian, memungkinkan pengguna untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan proyek mereka.

Posting Komentar

0 Komentar