RA8.3
- Kolaborasi adalah konsep kerja sama yang dilakukan oleh dua atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dan melibatkan proses kerja masing - masing maupun kerja bersama dalam mencapai tujuan bersama tersebut.
- Beberapa jenis kolaborasi berdasarkan cara pembentukkannya diantaranya adalah Kolaborasi tim, Kolaborasi komunitas, Kolaborasi jaringan.
- Berdasarkan metode atau perangkat yang digunakan, kolaborasi dapat dibedakan menjadi kolaborasi sederhana, dokumen, dan terstruktur
- Ada banyak teknologi dalam bentuk aplikasi, platform, atau layanan yang sudah dikembangkan yang dapat digunakan untuk menunjang konsep kolaborasi
- Dalam industri, kolaborasi dilakukan untuk dapat memenangkan persaingan bisnis. Ada banyak bentuk kolaborasi yang dilakukan, di antaranya membuat produk baru, mengembangkan sistem, membuat produk yang saling melengkapi, penelitian bersama, dari
- membangun lingkungan bisnis bersama. 6. Lembaga bisnis melakukan kolaborasi dengan lembaga bisnis lain, industri, dan masyarakat sekitar dalam berbagai format kolaborasi
- Dalam bidang penelitian, kolaborasi dilakukan untuk melakukan penelitian bersama, supervisi dari ahli, berbagi hasil penelitian, dan berbagi sumber daya.
- Kolaborasi dalam bidang pemasaran (collaborative marketing) dilakukan untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan cara meningkatkan pengalaman dan layanan kepada pelanggan
- Dalam industri kreatif, kolaborasi dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dengan cara mendapatkan kolaborasi ide, pemikiran, dan masukan dari berbagai pihak
- Konsep ekonomi berbagi memberikan keuntungan kepada pelanggan karena dapat memberikan biaya yang lebih murah
- Konsep ekonomi berbagi memberikan berbagai keunggulan kesa kepada perusahaan pengusungnya dibandingkan dengan perusahaan dengan cara bisnis yang konvensional
- Perusahaan transportasi berbasis online (Uber, Grab, dan Gojek) serta Airbnb merupakan contoh perusahaan yang sukses pada bidang bisnis masing-masing yang mengusung konsep ekonomi berbagi
0 Komentar