Mengolah Data dan Angka pada Aplikasi Office
Pekerjaan yang dilakukan dengan komputer tidak selalu menggunakan tulisan berupa alphabet atau teks, tetapi juga menggunakan angka-angka yang disebut sebagai numeric. Angka-angka tersebut memerlukan formula-formula tertentu untuk menghasilkan yang berguna. Untuk mengatur angka-angka tersebut agar dapat berjalan dengan cepat dan tepat maka diperlukan software untuk memprosesnya.
Banyak Corporation yang telah menciptakan sebuah aplikasi pengolah angka (Spread Sheet) ini diantaranya WPS, Microsoft, Liber Office, Open Office, Google Spreadsheet dan masih banyak lagi Corporation lainnya.
Spreadsheet merupakan lembaran kertas yang berisi data dalam bentuk baris dan kolom dalam akuntansi. Jika Anda pengguna komputer atau laptop tentu akrab dengan spreadsheet dan pemrosesan angka. Di komputer sendiri spreadsheet berisi tabel yang berisi kolom dan baris, dalam tabel berisi nilai-nilai yang sudah saling berhubungan jika satu nilai diubah maka secara otomatis nilai di tabel lain juga perlu diubah.
Lembar kerja dalam program aplikasi dapat digunakan untuk membuat dan mengatur atau memanipulasi lembar kerja yang dilakukan secara elektronik.
1. Mengolah Data Pada WPS Spreadsheet / Microsoft Excel
a. Memasukkan Formula Kalkulasi
Dalam spreadsheet, sebagian besar rumus dan fungsi dimulai dengan tanda sama dengan ("="). Ini memberi sinyal ke aplikasi spreadsheet bahwa Anda akan memasukkan formula yang akan menghitung atau mengubah masukan dalam beberapa cara.
Setelah Anda mengetik tanda sama dengan, Anda dapat mulai memasukkan formula sederhana seperti =B3+C3 untuk perhitungan sederhana pada dua sel.
Opsi lain adalah dengan menggunakan fungsi, yaitu langkah-langkah yang dapat diulang yang dibangun ke dalam aplikasi spreadsheet. Sebagai contoh, fungsi =AVERAGE akan menghitung rata-rata dari semua nilai sel. Contoh penggunaan untuk rata-rata semua nilai dalam daftar adalah :
b. Melakukan Perhitungan
1) Berbagai Jenis Operator Spreadsheet
Spreadsheet memiliki empat jenis operasi yang berbeda yaitu aritmatika, Perbandingan, Penggabungan Teks dan Acuan.
- Operasi Aritmatika ini digunakan untuk membentuk operasi-operasi dasar seperti penambahan, pengurangan, pembagian, perkalian, eksponensial, persentase dan penggabungan bilangan.
- Operasi Perbandingan digunakan untuk membandingkan dua buah nilai. Hasil perbandingan tersebut berupa nilai logika yaitu true dan false.
- Penggabungan Teks digunakan untuk menggabungkan dua data yang bertipe teks (string). Operasi penggabungan teks memungkinkan kita menggabungkan dua teks dari teks simbol ampersand (&).
- Operator Acuan berfungsi untuk menggabungkan selang sel yang terlibat dalam perhitungan. Spreadsheet / Excel mempunyai tiga buah operator acuan, yaitu tititk dua (:), koma (,), spasi ( ),
2) Mengatur Operasi di Rumus Spreadsheet/Excel
Spreadsheet memiliki tingkatan operasi yang lebih didahulukan operasinya, jika kita menggunakan beberapa operasi dalam satu rumus maka akan melakukan operasi pada operator yang tingkatnya lebih tinggi. Tingkatan operasi tersebut sebagai berikut :
3) Menggunakan Tanda Kurung- Fungsi LEFT, digunakan untuk menampilkan sejumlah karakter dari posisi yang paling kiri. Rumusnya : =LEFT(nilai string, jumlah huruf dari kiri)
- Fungsi RIGHT, digunakan untuk menampilkan sejumlah karakter dari posisi paling kanan. Rumusnya : =RIGHT(nilai string, jumlah huruf dari kanan)
- Fungsi MID, digunakan untuk menampilkan sejumlah karakter dari posisi tengah. Rumusnya : =MID(alamat cell, posisi huruf dari kiri, jumlah huruf yang ingin ditampilkan dari posisi tersebut).
- Fungsi LEN, digunakan untuk menampilkan jumlah huruf atau karakter dari suatu nilai string. Rumusnya : =LEN(nilai string)
- IF Tunggal, Rumusnya : =IF(nilai yang dicek, nilai jika kondisi benar, nilai jika kondisi salah)
- IF Ganda, ada kalanya permasalahan tidak cukup diselesaikan dengan satu (1) fungsi saja, tetapi harus diselesaikan dengan beberapa fungsi IF. Rumusnya : =IF(test 1; IF(test 2;perintah3; perintah4), perintah2).
- Fungsi AND, digunakan untuk menguji kebenaran persyaratan semua isi sel lembar kerja. Rumusnya : =AND(syarat1, syarat2,syarat3...syarat-N)
- Fungsi OR, digunakan untuk menguji kebenaran persyaratan salah satu isi sel lembar kerja. Rumusnya : =OR(syarat1, syarat2, syarat3...syarat-N)
Spreadsheet menyajikan tabel secara vertikal dan horisontal. Fungsi pembacaan tabel pada Spreadsheet adalah sebagai berikut.
- VLOOKUP (Vertikal Lookup), digunakan untuk membaca tabel sumber yang bentuknya tegak lurus (vertikal). Rumusnya : =VLOOKUP(Lookup value, Table array, Col_index_num, Range Lookup)
- HLOOKUP (Horizontal Lookup), digunakan untuk membaca tabel sumber yang bentuknya melintang (horizontal). Rumusnya : =HLOOKUP(Lookup value, Table array, Row_index_num, Range Lookup)
- NOW, digunakan untuk menampilkan tanggal dan waktu saat ini. Rumusnya : =NOW( )
- DAY, digunakan untuk menampilkan tanggal. Rumusnya : =DAY(nilai date) Misal Rumusnya =DAY(A2), maka menunjukan tanggal dari sel A2 atau =DAY("08/07/2008"), maka hasilnya 08
- MONTH, digunakan untuk mengetahui dan menampilkan bulan. Rumusnya : =MONTH("08/07/2008"), maka hasilnya adalah 07;
- YEAR, digunakan untuk menampilkan tahun. Rumusnya : =YEAR('08/07/2008"), maka hasilnya adalah 2008;
- WEEKDAY, digunakan untuk menampilkan nama hari. Rumusnya : =WEEKDAY("08/07/2008"), hasilnya adalah 3. Maksudnya hari ke-3 adalah Rabu;
- HOUR, digunakan untuk menampilkan jam. Rumusnya : =HOUR(01:30:22), maka hasilnya adalah 01;
- MINUTE, dugunakan untuk menampilkan menit. Rumusnya : =MINUTE(01:30:22), maka hasilnya adalah 30;
- SECOND, digunakan untuk menampilkan detik. Rumusnya : =SECOND(01:30:22), maka hasilnya adalah 22;
0 Komentar