Setelah persoalan dianalisis dan ditemukan solusi untuk memecahkan masalah tersebut, biasanya programmer membuat langkah-langkah penyelesaian dalam bentuk algoritma pemrograman. Algoritma tersebut ditulis bisa dalam bentuk Pseudocode atau pun Flowchart. Setelah membuat Pseudocode atau Flowchart, maka kemudian akan diterjemahkan lagi menjadi program menggunakan bahasa pemrograman.
Meskipun pemrograman visual atau blok ini terlihat sederhana dibandingkan pemrograman yang umumnya dilakukan, namun, pemrograman visual ini mampu membuat berbagai macam karya seperti dalam aplikasi game berbentuk video, animasi, cerita dan bahkan cara pemrograman ini juga dapat digunakan untuk memprogram robot atau istilah lain pemrograman robotic.
Ada banyak perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai aplikasi pemrograman vsual, diantaranya adalah Scratch, Ardublok, mBlok, dan MiniBloq. Aplikasi tersebut tersedia dalam versi online yang dapat dijalankan dengan menggunakan Browser dan mengakses alamat URL nya, maupun offline dengan mendownload dan menginstal aplikasi tersebut pada sebuah perangkat komputer maupun smartphone.
0 Komentar