Advertisement





Iklan

Membuat Cetak Sertifikat dan Rapor Online - Part 1


Kali ini saya akan membuat sebuah catatan baru tentang bagaimana membuat sebuah halaman blog dimana halaman tersebut dapat bekerja untuk membaca sebuah isi Googlesheet kemudian mengeksport nya dalam bentuk file lain seperti : PDF dan lainnya.

Alur ceritanya begini, berawal dari ketika saya membuat sebuah formulir PPDB menggunakan Googleform bahwa ketika Calon Siswa selesai mengisi data formulir maka akan secara otomatis file Bukti Pendaftaran akan terkirim pada alamat email yang sudah dimasukkan pada formulir tadi.

Cara diatas memang cukup efektif dan populer digunakan banyak kalangan, karena dengan hanya dibantu dengan fasilitas tambahan seperti Autocrat pada Google Sheet, maka proses ini bisa kita atur sesuai kebutuhan. 

Akan tetapi kendalanya adalah masih ada beberapa Calon Siswa yang memiliki problem soal email-nya, seperti : salah mengetik huruf email, emailnya sendiri yang sulit dibuka seperti tidak aktif digunakan, atau masih banyak lagi persoalan.

Walhasil, saya mencoba mencari referensi dari mbah Google dengan mencoba beberapa kata kunci yang awalnya sukar untuk diungkapkan yang intinya "Bagaimana Cara Mendownload hasil Google Form dengan cara manual atau tidak membutuhkan email".

Akhirnya dapatlah konsep yang saya inginkan, dengan hanya menggunakan Google Sheet tanpa bantuan addOn atau tambahan pengayaan lainnya, Calon Siswa dapat mengunduh file secara mandiri, kapan saja dan dapat berulang beberapa kali unduhan. Project ini nantinya bisa anda gunakan untuk keperluan apa saja misalnya, "Bagaimana Cara Membuat Aplikasi Cetak Rapor Online".

Pada kasus ini saya terapkan pada "Bagaimana Cara Mencetak Sertifikat Pelatihan Siswa Secara Mandiri". Ikuti langkahnya secara tuntas sebagai berikut :

1. Buka Google Drive kalian, siapkan satu Folder secara terpisah, misalnya "Sertifikat LDKS"

2. Buat satu Form menggunkan Google Form dengan Judul "Daftar Hadir Peserta Pelatihan" dengan isian : NISN dan Nama Peserta.

3. dari Google Form tadi, buatlah sebuah file Spreadsheet

4. Setelah jadi 1 file Spreadsheet, tambahkan 1 Sheet pada file tersebut, Sheet ini adalah untuk mendesain template dari hasil Cetak, misalnya : Desain Sertifikat, File Bukti PPDB, Cetak Rapor Online atau sesuaikan pada kebutuhannya.

5. Buatlah 1 Formulir lagi dengan Google Form dengan Judul Cetak Sertifikat, isi form nya sederhana saja, seperti contoh berikut :


Penjelasan : Kode Cetak, gunakan data yang unik diambil dari data formulir pertama (Daftar Hadir Peserta),  seperti : NISN, NIK.
Password, pertanyaan password hanya opsional, boleh pakai, boleh juga tidak, karena ini tidak berpengaruh pada inti project ini, hal ini menurut saya hanya untuk membatasi akses pengunjung.

6. Selanjutnya lakukan cara seperti langkah nomor 3, TETAPI digabungkan dengan file Spreadsheet yang pertama (Jangan membuat File Spreadsheet baru).


Pastikan hasil Spreadsheetnya tampil seperti ini terdapat 3 Sheet.



Nantikan Part berikutnya....


Posting Komentar

0 Komentar